Tryout.id
Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Tantangan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Tantangan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

28 Apr 2021
77x
 | Ditulis oleh : Admin

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sedang fokus pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Namun dalam proses mencapai target tersebut terdapat beberapa tantangan yang dihadapi.

Salah satunya literasi ekonomi dan keuangan syariah yang masih rendah. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen akan meningkatkan pemahaman ekonomi dan keuangan syariah.

“Literasi ekonomi syariah ini masih rendah jika dibandingkan dengan fokus-fokus tadi. Karena itu, pemahaman ekonomi dan keuangan syariah pastinya akan kita tingkatkan,” ujarnya dalam keterangannya dilansir Okezone, Selasa (27/4/20210).

Wapres menjelaskan, literasi ekonomi syariah penting untuk diberikan melalui berbagai Perguruan Tinggi dan Pendidikan-pendidikan lainnya. Sehingga harapannya bisa betul-betul terbangun sumber daya manusia yang paham dan menguasai tentang ekonomi dan keuangan syariah.

“Jadi yang betul-betul terbangun sebagai sumber daya manusia yang paham betul, yang menguasai secara utuh tentang keuangan Syariah, tentang industri halal, ini baru kita bangun belakang ini kita usahakan melalui berbagai perguruan tinggi dan pendidikan-pendidikan lainya. Itu beberapa hal yang menurut saya penting,” jelasnya.

Selain itu lanjut Wapres, literasi ekonomi syariah juga diberikan untuk membangun, mengedukasi, mensosialisasikan melalui berbagai saluran. Dari mulai KNEKS, Lembaga dan Mitra-mitra kerja KNEKS.

“Baik melalui komite ekonomi dan keuangan syariah yang kita bangun, melalui mitra-mitra kerja daripada komite nasional ini, dan ada pula beberapa lembaga seperti MES [Masyarakat Ekonomi Syariah], ini juga nanti akan berperan dalam mengembangkan literasi, yang paling kuat itu ada IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam),” jelasnya.

Tak hanya itu lanjut Wapres, peran e-commerce juga perlu untuk dilibatkan dalam mengedukasi. Di samping itu juga, e-commerce bisa berguna untuk memasarkan produk-produk halal.

“Kemudian juga berbagai keterlibatan daripada e-commerce. Berbagai e-commerce sudah ikut mengedukasi, disamping juga dia berperan sebagai jaringan daripada pemasaran produk-produk halal,” jelasnya.

Lebih jauh Wapres menambahkan, jaringan organisasi masyarakat Islam seperti NU, Muhammadiyah dan Pondok Pesantren pun ikut andil dalam upaya-upaya pengembangan sosialisasi dan literasi ekonomi syariah.

“Jaringan ormas-ormas (organisasi masyarakat) Islam seperti NU dan Muhammadiyah juga terlibat. Kemudian dunia pesantren. Mereka yang berada di pesantren sudah mulai lakukan upaya-upaya karena kita harapkan di pesantren itu juga berkembang pembelajaran di sektor keuangan maupun sektor riil,” kata Wapres.(hajinews)

Baca Juga:
Inilah 5 Informasi Seputar Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

Inilah 5 Informasi Seputar Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

Gadget      

20 Mei 2020 | 502


Bagaimana cara mengatasi lupa kata sandi Facebook? Lupa kata sandi Facebook memang mengesalkan dan memperlama tujuan kita bermain Facebook. Lupa kata sandi ini biasa menyerang saat kita ...

Inilah Penyebab Memanasnya Hubungan AS dan Iran

Inilah Penyebab Memanasnya Hubungan AS dan Iran

Politik      

10 Jan 2020 | 724


Tanggal 3 januari 2020, Qassem Suleimani selaku panglima pasukan Al Quds tewas terbunuh oleh serangan drone AS di Baghdad, Iran. Lantas apa sebenarnya penyebab munculnya serangan AS ...

Cek Ongkos Kirim Untuk Pengiriman Ke Kalimantan Sangat Murah Hanya Di Sini

Cek Ongkos Kirim Untuk Pengiriman Ke Kalimantan Sangat Murah Hanya Di Sini

Tips      

26 Maret 2021 | 179


Jasa pengiriman barang atau perusahaan ekspedisi sangatlah dibutuhkan oleh hampir semua manusia dari jaman dulu sekali hingga saat sekarang, apalagi dijaman sekarang ini yang sudah sangat ...

Gadget Teman Setiaku Selalu Ada Untukku

Gadget Teman Setiaku Selalu Ada Untukku

Gadget      

12 Jun 2020 | 413


Di zaman yang serba canggih sekarang ini memang gadget adalah alat kominukasi dan teman yang bisa dipercaya, alat modern yang satu ini sungguh sangat canggih. Alat ini sangat membantuku ...

Waspada! Gejala Abdominal Migrain Ini Tidak Bisa Diabaikan

Waspada! Gejala Abdominal Migrain Ini Tidak Bisa Diabaikan

Tips      

18 Mei 2020 | 410


Abdominal Migrain merupakan kondisi nyeri di bagian perut. Berbeda halnya dari migrain yang biasa dikenal sakit kepala sebelah. Rasa nyeri di perut ini terjadi akibat nyeri perut yang ...

Sibuk Bekerja di Luar Rumah Bagaimana Waktu Buat Anak

Sibuk Bekerja di Luar Rumah Bagaimana Waktu Buat Anak

Nasional      

5 Mei 2020 | 410


Seorang Ibu yang bekerja kadang selalu merasa bersalah karena harus meninggalkan anak-anak dirumah. Apalagi kita tidak bisa mengikuti perkembangan anak secara full dikarenakan ya itu tadi ...