RajaKomen
Pengamat Politik: Takut Sama Anies? Lawan Secara Fair, Jangan Dijegal !

Pengamat Politik: Takut Sama Anies? Lawan Secara Fair, Jangan Dijegal !

9 Feb 2021
417x
Ditulis oleh : Writer

“Politik itu kejam” memang bukan sekedar tulisan atau perkataan saja, buktinya dalam berpolitik memang tidak pandang lawan maupun kawan. Tapi jika satu orang gubernur saja bisa bikin gaduh istana berarti memang gubernur tersebut memiliki kemampuan yang sangat diperhitungkan lawannya, teman saja bisa dilumat apalagi yang sudah jelas bisa jadi lawan politik mereka pada pemilu nanti.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi mencermati wacana Pilkada serentak 2022-2023 menggantikan Pilkada serentak 2024 yang diduga demi memberi panggung politik bagi Anies Baswedan. Menurutnya, pertarungan Pilpres mestinya dilakukan secara adil.

Terpantau, fraksi di DPR sempat terpecah dalam membahas RUU Pemilu, khususnya soal wacana pelaksanaan Pilkada serentak 2022 dan 2023. Kubu penolak Pilkada 2022-2023 diduga yang ingin menyulitkan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

“Proses pemilihan harus fair dan siapa yang dipilih harus fair. Jangan kemudian alasan takut sama Anies (Pilkada 2022) jadi panggung untuk(Pilpres 2024),” kata Burhanuddin dalam Webinar IPI pada Senin (8/2).

Burhanuddin mengingatkan agar lawan politik Anies bertarung secara adil, yaitu lewat pesta demokrasi. Ia menyayangkan jika pesaing Anies justru berusaha menjegal Anies lewat perubahan regulasi Pemilu.

“Kalau tidak setuju Anies ya ditantang dalam pemilu yang fair. Jangan aturan mainnya yang disingkirkan. Harusnya main dalam permainan (Pemilu) yang sama,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menyerukan partai politik untuk menemukan kandidat melawan Anies ketimbang sibuk menyulitkan Anies.

“Buatlah calon yang lebih kuat dari Anies,” sebut Burhanuddin.

Di sisi lain, Burhanuddin menilai sebagian parpol mestinya tak terlanjur phobia dengan Anies. Sebab ia mendapati elektabilitas Anies cenderung biasa-biasa saja. Elektabilitas Anies jika ingin mengikuti jejak Joko Widodo dari Gubernur DKI Jakarta menjadi Presiden belum bisa disamakan.

“Dalam hasil survei saya, Anies enggak kuat-kuat amat sebagai Presiden. Pun elektablitas Anies tidak jauh di atas angin dibanding waktu Jokowi jadi Gubernur 2012 (untuk nyapes 2014). Anies lebih rata dan aproval ratingnya biasa saja,” ungkap Burhanuddin.

Sebelumnya, mayoritas fraksi di DPR dipastikan menolak revisi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dengan begitu maka Pilkada serentak 2022 dan 2023 tetap dilaksanakan pada 2024 sesuai dengan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Tercatat, fraksi-fraksi yang awalnya mendukung revisi UU Pemilu adalah PKS, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Golkar. Belakangan, Partai Golkar dan Partai Nasdem akhirnya sepakat menolak revisi UU Pemilu.

Diketahui, survei nasional IPI menunjukan masyarakat cenderung memilih Pilkada tidak digelar serentak dengan Pilpres dan Pileg di tahun 2024. Sebesar 63,2 persen responden survei nasional ini menghendaki Pilkada dipisah dengan Pilpres dan Pileg. Burhanuddin menyerukan partai politik untuk menemukan kandidat melawan Anies.

Berita Terkait
Baca Juga:
Ini Durasi Tidur Berkualitas Sesuai dengan Usia

Ini Durasi Tidur Berkualitas Sesuai dengan Usia

Tips      

23 Agu 2021 | 734


Durasi jam tidur yang ideal, membuat kesehatan lebih terjaga dan terhindar dari penyakit. Dengan begitu, seseorang menjadi lebih berkualitas dalam menjalani keseharian. Sedangkan, kurang ...

COVID-19 Bermunculan di RSCM, Waspada Ancaman Gelombang Ketiga

COVID-19 Bermunculan di RSCM, Waspada Ancaman Gelombang Ketiga

Nasional      

27 Okt 2021 | 635


Kasus Corona di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) per Oktober kembali bermunculan. Menurut staf medis divisi penyakit tropis dan infeksi penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas ...

Berikut 7 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kamu

Berikut 7 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kamu

Tips      

11 Agu 2021 | 384


Anda tentu tahu, salah satu goal dari adanya sosial media adalah melakukan conversi ke sales. Sales bukan hanya bicara penjualan, bisa juga akuisisi, mendaftar, mendownload atau hal ...

Pingin Tau Kemampuan Belajar Kamu Sampai Mana! Try out Bisa Jadi Solusinya

Pingin Tau Kemampuan Belajar Kamu Sampai Mana! Try out Bisa Jadi Solusinya

Tips      

11 Feb 2020 | 720


Dapat kita ketahui siswa yang menduduki jenjang pendidikan terakhir biasanya akan mulai menguji pengetahuan belajarnya untuk mempersiapkan ujian nasional yang segera menantinya. Selain itu ...

Ahlinya Berbagai Macam Kaos Berkualitas Tinggi dengan Harga Miring

Ahlinya Berbagai Macam Kaos Berkualitas Tinggi dengan Harga Miring

Fashion      

20 Okt 2021 | 701


Buat anda yang mau mendapatkan kaos polos atau kaos komunitas yang berkualitas dan nyaman dipake, adem, mudah nyerap keringat walaupun dipake dalam cuaca yang panas, maka anda bisa ...

Penderita Diabetes Hati-hati dengan Tiga Buah Berikut Ini Ya

Penderita Diabetes Hati-hati dengan Tiga Buah Berikut Ini Ya

Tips      

19 Apr 2022 | 176


Buah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pola makan sehat dan seimbang. Namun untuk penderita diabetes, konsumsi beberapa jenis buah perlu dibatasi karena bisa memicu ...