MU
Pengamat Politik: Takut Sama Anies? Lawan Secara Fair, Jangan Dijegal !

Pengamat Politik: Takut Sama Anies? Lawan Secara Fair, Jangan Dijegal !

9 Feb 2021
114x
Ditulis oleh : Writer

“Politik itu kejam” memang bukan sekedar tulisan atau perkataan saja, buktinya dalam berpolitik memang tidak pandang lawan maupun kawan. Tapi jika satu orang gubernur saja bisa bikin gaduh istana berarti memang gubernur tersebut memiliki kemampuan yang sangat diperhitungkan lawannya, teman saja bisa dilumat apalagi yang sudah jelas bisa jadi lawan politik mereka pada pemilu nanti.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi mencermati wacana Pilkada serentak 2022-2023 menggantikan Pilkada serentak 2024 yang diduga demi memberi panggung politik bagi Anies Baswedan. Menurutnya, pertarungan Pilpres mestinya dilakukan secara adil.

Terpantau, fraksi di DPR sempat terpecah dalam membahas RUU Pemilu, khususnya soal wacana pelaksanaan Pilkada serentak 2022 dan 2023. Kubu penolak Pilkada 2022-2023 diduga yang ingin menyulitkan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

“Proses pemilihan harus fair dan siapa yang dipilih harus fair. Jangan kemudian alasan takut sama Anies (Pilkada 2022) jadi panggung untuk(Pilpres 2024),” kata Burhanuddin dalam Webinar IPI pada Senin (8/2).

Burhanuddin mengingatkan agar lawan politik Anies bertarung secara adil, yaitu lewat pesta demokrasi. Ia menyayangkan jika pesaing Anies justru berusaha menjegal Anies lewat perubahan regulasi Pemilu.

“Kalau tidak setuju Anies ya ditantang dalam pemilu yang fair. Jangan aturan mainnya yang disingkirkan. Harusnya main dalam permainan (Pemilu) yang sama,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menyerukan partai politik untuk menemukan kandidat melawan Anies ketimbang sibuk menyulitkan Anies.

“Buatlah calon yang lebih kuat dari Anies,” sebut Burhanuddin.

Di sisi lain, Burhanuddin menilai sebagian parpol mestinya tak terlanjur phobia dengan Anies. Sebab ia mendapati elektabilitas Anies cenderung biasa-biasa saja. Elektabilitas Anies jika ingin mengikuti jejak Joko Widodo dari Gubernur DKI Jakarta menjadi Presiden belum bisa disamakan.

“Dalam hasil survei saya, Anies enggak kuat-kuat amat sebagai Presiden. Pun elektablitas Anies tidak jauh di atas angin dibanding waktu Jokowi jadi Gubernur 2012 (untuk nyapes 2014). Anies lebih rata dan aproval ratingnya biasa saja,” ungkap Burhanuddin.

Sebelumnya, mayoritas fraksi di DPR dipastikan menolak revisi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dengan begitu maka Pilkada serentak 2022 dan 2023 tetap dilaksanakan pada 2024 sesuai dengan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Tercatat, fraksi-fraksi yang awalnya mendukung revisi UU Pemilu adalah PKS, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Golkar. Belakangan, Partai Golkar dan Partai Nasdem akhirnya sepakat menolak revisi UU Pemilu.

Diketahui, survei nasional IPI menunjukan masyarakat cenderung memilih Pilkada tidak digelar serentak dengan Pilpres dan Pileg di tahun 2024. Sebesar 63,2 persen responden survei nasional ini menghendaki Pilkada dipisah dengan Pilpres dan Pileg. Burhanuddin menyerukan partai politik untuk menemukan kandidat melawan Anies.

Berita Terkait
Baca Juga:
50 Ribu Tiket Gratis Kunjungi Tempat Menarik di Jepang, Mau?

50 Ribu Tiket Gratis Kunjungi Tempat Menarik di Jepang, Mau?

Pariwisata      

10 Jan 2020 | 574


Jepang adalah salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Hal ini dikarenakan, Jepang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang ...

BMKG : Jakarta Masih Akan Diguyur Hujan Lebat HIngga Senin

BMKG : Jakarta Masih Akan Diguyur Hujan Lebat HIngga Senin

Nasional      

23 Feb 2020 | 456


Badan Meteorologi Klimatologi menmprediksi DKI Jakarta masih berpotensi akan diguyur hujan lebat hingga Senin,24 Februari 2020. Kondisi ini tentu akan sangat mengkhawatirkan sebagian ...

Dibalik Jendral H.M Soeharto Tidak Ikut Diculik Oleh PKI

Dibalik Jendral H.M Soeharto Tidak Ikut Diculik Oleh PKI

     

3 Okt 2020 | 810


Selama ini banyak sekali tuduhan yang mengatakan bahwa Jendral H.M Soeharto terlibat atau otak dari peristiwa G 30 S PKI. Sebelum meneliti siapa itu Soeharto, seharusnya kita bisa melihat ...

RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Nasdem dan PPP

RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Nasdem dan PPP

Politik      

21 Feb 2020 | 483


Adanya RUU Ketahanan Keluarga menuai kontroversi di kalangan politikus khususnya politikus perempuan. Lestari Mordijat selaku Wakil Ketua MPR Fraksi Nasdem mengungkapkan ketidaksetujuannya ...

Ingin Ikut Toefl Prediction Gratis Disini Aja

Ingin Ikut Toefl Prediction Gratis Disini Aja

Tips      

27 Apr 2021 | 131


Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang dipakai dan dimengerti oleh hampir seluruh orang di negara di dunia ini, karena seperti kita ketahui bahasa diseluruh dunia ini banyak ...

Pelatihan Prakerja Menambah Ilmu dan Skill

Pelatihan Prakerja Menambah Ilmu dan Skill

Tips      

29 Maret 2021 | 178


Kursus Pelatihan Prakerja sekarang ini sedang banyak dicari oleh masyarakat baik itu yang baru lulus sekolah menengah, sekolah menengah kejuruan, bahkan yang baru lulus kuliahpun terkadang ...